Senin, 18 November 2013

TRIP Pantai Plumbungan : Nge-TRIP di Kampung Halaman pun Asik.

Kalo ngomong soal Jalan-jalan/Kemping/Wisata/Nge-Trip itu gak ada habisnya dan tetap mengasikkan..
Gak perlu jauh, gak perlu keluar uang banyak untuk Nge-trip keluar kota, jika di Kampung Halaman sendiri aja lom banyak yang kita ketahui..So. Nge-Trip di Kampung Halaman pun asik.

TRIP PACITAN, Pantai Plumbungan........

Pantai Plumbungan merupakan pantai di Pacitan yang berupa teluk kecil (masih dalam kawasan teluk pacitan sisi timur) yang tidak berhadapan langsung dengan laut lepas (pantai selatan). Pantai ini memiliki ombak yang kecil dan relatif dangkal dengan hamparan pasir coklat terang sehingga sangat cocok untuk bermain air atau berenang...

Perjalanan kita mulai (versi ekstrim adventure) dari Desa kembang tepatnya di Tambak udang Desa kembang, dimana Sungai Grindulu bertemu dengan Pantai Teleng Ria/Pantai Pancer Selatan.. Kenapa kita lewat sana? karena kita ingin yang ekstrim-ekstrim.. Perjalanan pun dimulai. Ane bersama 4 teman lainnya memarkin motor di bawah sebuah tebing karang.. karena kita ingin jalan kaki naik tebing, dan gak mungkin motor kita bawa.. 

Teleng ria dari bukit

Jepretan dengan background Pantai teleng ria dari atas bukit pun jadi bukti perjalanan kami menuju Pantai Plumbungan. Setelah puas dengan beberapa jepretan, kami pun mulai melangkahkan kaki kembali menuju tujuan, Tanjakan dan semak bukit karang pun kami lalui..

Tidak Lama kami pun tercengang semabri tertawa lebar karena kita menemuka sebuah jalan lebar tanpa aspal.. Sempat berdebat sebentar soal jalan itu. hingga muncul pertanyaan "kenapa gak bawa motor aja jika ada jalan selebar ini?? (dalam kontek Jawa)".. yaa, namanya juga Adventur jadi ya jalan kaki yang paling tepat kan?..

Lanjutkan perjalanan...

Perjalanan

Dengan semangat penasaran bercampur senang, beberapa jepretan kamera pun tersimpan di memori camdig kami.. Perjalanan melelahkan akibat terik sang surya yang gagah di langit, penasaran kami pun terjawab. kemana arah jalan besar tanpa aspal tersebut berakhir?

Proyek pelabuhan

Disinilah tempatnya.. sebuah proyek besar pembuatan calon Dermaga/pelabuhan batu bara di Kab. Pacitan (menurut info yang beredar). Tapi bukan proyek ini yang jadi tujuan kami, ini cuma sekedar info dalam perjalanan kami. disini kami istirahat sebentar untuk melepas lelah. Perjalanan cukup jauh untuk mencapai tempat ini (calon dermaga/pelabuhan).

Istirahat

Berbagi bekal air mineral yang kita bawa dari rumah, untuk menghilangkan dahaga, kamera pun segera beraksi mengabadikan yang pemandangan baru disekitar kami..

IstirahatSemangatSemangat

Beberapa menit pun telah berlalu, inisiatif melanjutkan langkah pun terbesit.. langkah kaki pun mulai kita lakukan, tapi sayang satu dari kami tidak sanggup melanjutkan, karena capek yang tidak terhindarkan, kami pun bimbang antara melanjutkan ke tujuan atau solidaritas sebagai teman. musyawarah kecil pun kita lakukan. DAN. keputusan kami tetap melanjutkan perjalanan meski meninggalkan teman di tempat dimana kita istirahat.

Melewati tumpukan batu dan tanah proyek yang begitu panas, langkah yang mulai berat dan badan yang lelah, kami tetap bersemangat sampai tujuan. Walapun jarak sudah dekat tetap terasa sangat jauh.. sampai kami menemukan jalan setapak menurun yang cukup terjal.. yaa inilah jalan terakhir dari tujuan kami. rimbun pepohaonan membuat teduh udara sekitar, rasa senang menghampiri ketika melihat para nelayan sedang berkumpul setelah melaut. Sejenak kami pun duduk dibawah rimbunnya pepohonan sembari menatap fokus ke lensa kamera yang membidik kami.

Sesi foto

Selangkah demi selangkah.. Inilah Pantai tujuan kami, Pantai kecil dengan ombah yang teratur dengan guratan bebatuan dan pasir pantai yang khas..

Plumbungan

Kami pun disambut oleh para nelayan ramah yang sedang bercengkrama dengan nelayan lainnya sambil menunggu teman nelayan datang merapat kepantai. Ingin raga ini membantu apa daya fisik kami tidak mampu melakukannya..

nelayan

Kapal kecil merapat ane pun ikut merapat diikuti empat orang lainnya. Modus bertanya demi mendapat beberapa ekor ikan hasil tangkapan para nelayan.. ohh sungguh baik bapak-bapak nelayan itu, mereka memberi kami beberapa ekor ikan (awalnya) untuk dibakar. 

ikan bakar

Dengan modal beberapa buah jagung manis yang kami bawa dari rumah sebagai alat barter dengan ikan, kami pun mendapat lebih banyak ikan plus kopi gratis..

ikan bakar

Kopi toss

Cukuplah untuk mengganjal perut karena memang diantara kami mayoritas belum sarapan. Kenyang setelah makan ikan bakar dan ngopi. Kami pun beranjak menuju Pantai melebur dengan ombak yang saat itu tepat ketika air laut surut. Basah.. Basah.. dan Basah, Kami asyik berenang dan bercanda bersama.


Bergelantungan di rantung pohon pun dilakukan...


berenang

berenang

Bertapa pun juga ada..

berenang

Bergaya bak ikan dan bergaya bak seorang pemancing pro pun juga tersedia...

berenang


berenang


Berjam-jam kami bermain-main, berbasah-basah dengan lembutnya ombak bercampur dingin yang disajikan oleh air laut yang asin. kami pun mulai keluar dari air untuk berjemur mengringkan tubuh, pakaian dan celana kami, disela-sela pengeringan, jepretan kamera pun kembali tersaji..

berenang

Setelah badan terasa mulai hangat dan pakain kami cukup kering, kami pun bergegas  menyelesaikan Trip kali ini, kembali menyusuri jalan terjal menanjak sampai jalan besar tak beraspal untuk menuju tempat teman kami tertinggal.

Tetap tidak ketinggalan, narsis pun kembali terulang, kamera pun beraksi..

narsis

Sampai tempat teman kami tertinggal kami kembali duduk santai sejenak untuk menambah semangat untuk langkah menuju kendaraan (motor) kami di tempat parkir. Menit pun berlalu. langkah berat kembali kami lakukan, sungguh terik sinar matahari saat itu sampai lelah pun tidak bisa kami tutupi dengan fisik tegap kami..

Berhenti dan beristirahat adalah jawaban di tengah perjalanan..

istirahat

Ketika sisa tenaga dirasa telah kembali pulih, kami pun melanjutkan sisa perjalanan menuju garis finish dari 

TRIP PANTAI PLUMBUNGAN
KAB. PACITAN, 
JAWA TIMUR 
INDONESIA

Sekian dan terima kasih
*********
Terima kasih telah membaca Artikel TRIP Pantai Plumbungan : Nge-TRIP di Kampung Halaman pun Asik.
Diposting oleh chandra setiawan

7 komentar :

  1. asem jos gandos tnan ki spot..

    BalasHapus
  2. matur suwun gan.. monggo langsung visit gan.

    BalasHapus
  3. »»» (o '⌣' ) (y) $ìíîp gan ... inikah pantai ngambur plumbungan yaa ... rutenya via motor gimana ya gan ? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih gan...
      pake motor bisa gan.. cuma akses jalannya masih rabatan tanah untuk proyek pembuatan pelanuhan dekat lokasi...

      Hapus
  4. Ada koordinat atau rute yg bisa ditempuh pake sepeda motor gak gan?

    BalasHapus
  5. Ada koordinat atau rute yg bisa ditempuh pake sepeda motor gak gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menjelaskan rute agak ribet mas.. mending langsung prakteknya hehehe.. datang ke Desa kembang atau lewat desa Sirnoboyo, dari sana tanya jalan menuju proyek pelabuhan/tanya langsung tentang Pantai Plumbungan.

      Hapus