Selasa, 31 Desember 2013

Pantai Padi Dangkal, Worawari, Kebonagung | E.PAPER

 Pantai Padi Dangkal, WoraWari, Kebonagung.
Letaknya di Desa Worawari, Kec. Kebonagung, Pacitan.
Pantai dengan pasir putih yang recomended juga gan untuk dikunjungi... 
Selama perjalanan, selain melewati JLS yang lumayan keren, dan kita juga bisa menyaksikan hal-hal aneh dijalan.. mengasyikkan yang jelas..

Pantai Padi Dangkal

Selalu ada cerita di jalan seperti truk jalan mundur seperti ini. hehe.

Pantai Padi Dangkal

kita juga akan melewati jalan rabat yang kirinya terdapat tebing tinggi dan kanannya terdapat panorama sawah yang hijau dan kelokan sungai yang kayaknya enak buat berenang.. hehe. 


Pantai Padi Dangkal

Tapi tetap harus hati-hati gan biar gak tergelincir karena walapun rabat tapi cukup ekstrim gan, terutama bagi yang pertama kali berkunjung.. hehe.

Pantai Padi Dangkal
Pantai Padi Dangkal



Pantai Padi Dangkal sebenarnya punya daya tarik tersendiri gan, yaitu cara unik nelayan setempat menangkap ikan mungkin cukup membingungkan dan hal baru bagi pengunjung yang belum pernah melihatnya. Para nelayan ini menangkap ikan dengan cara jaring keruk atau lebih dikenal dengan Eret.

Pantai Padi Dangkal


Pantai Padi Dangkal

Pantai menurut saya sih lumayan untuk berlibur dan bermain air, catatan gan. asal ombak gak terlalu besar gan, maklum lah ombak pantai selatan emang dari sananya udah besar jadi tetep hati-hati gan..
Sempat beberapa hari yang lalu saya berkunjung kesana gan, saya bertemu sama bapak-bapak yang mungkin beliau adalah kepala UPT Dinas Kelautan dan Perikanan Pacitan, gak sempat tanya sih gan. hehehe.. 

Beliau sempat memberi tahu "bahwa di Pantai Padi Dangkal akan diadakan sebuah Upacara Adat, tujuannya untuk memberikan penghargaan/reward untuk para nelayan eret/jaring keruk", Pesan Beliau singkat. Kemungkinan upacara ini akan menjadi Upacara baru yang akan dilakukan oleh Nelayan dan warga setempat setiap tahunnya.

Saya pun juga baru tahu info itu secara lesan, kalau tidak salah upacara itu akan diadakan pada hari Jum'at, 3 Januari 2014, bertempat di Pantai Padi Dangkal itu sendiri. Mungkin Agan-agan ingin berkunjung dan sekalian ingin menyaksikan Upacara itu dianjurkan untuk mencari info terlebih dahulu. Supaya tidak salah Informasi, akan tetapi bagi saya Pantai tersebut sederhana tapi menyimpan daya tarik sendiri bagi pecinta wisata pantai.... 


Bagi Pengunjung
Selamat Berkunjung dan Selamat berlibur
Kebetulan Ini Menjelang Tahun Baru 2014

.....Saya Ucapkan.....

SELAMAT TAHUN BARU 2014
SEMOGA MENJADI TAHUN YANG LEBIH BAIK

Diposting oleh chandra setiawan

Catatan Akhir Tahun | E.PAPER

Catatan akhir tahun
Tahun 2014 udah tinggal menunggu jam, menit dan detik.. Treteeeet.. hehe.
Sebelumnya menyambut Tahun Baru 2014, ane punya cerita yang panjang selama 2013 ini mulai dari Januari sampai Januari kembali.. Treeetettt....hehe.

1 Januari 2013
Tepatnya Januari Tahun lalu (2013) Pas Tahun Baru juga.. Kota Malang, saat itu ada hal yang menurut ane paling menyenangkan, membingungkan dan bla..bla..bla... apa itu hmmm, waktu itu sekitar jam 12.00 ane dibangunin sama temen-temen, waktu itu sih ada acara, biasa lah bakar-bakar ikan, satu hal paling mainstream yang dilakukan ketika tahun baru.. hehe..
Dan ada juga hal yang sangat lucu, menyenangkan dan bla..bla..bla.. ane jadian sama pacar ane namanya "treteeeeett" (sensorr) hehe. dan tepat 1 januari ini tepat 1 tahun ane pacaran.. hehe.

April 2013
Waktunya pulang kampung setelah 4 tahun lebih menuntut ilmu di Malang, I love Malang.. Pulang ke sebuah Kabupaten kecil di perbatsan paling selatan antara Jatim dan Jateng, yaitu Kabupaten Pacitan, Tempat dimana Presiden SBY dilahirkan.. cihuii bangga gan jadi orang Pacitan, se enggak-nggaknya Putra asli Pacitan pernah jadi orang no.1 di Indonesia. hehe..
Mei 2013
Pertengahan bulan Mei kalau nggak salah, hari pertama ane kerja gan, yaaa walapun masih magang sih itungannya tapi itu adalah rejeki yang harus ane terima dan ane telatenin. Dengan dukungan ortu dan pacar ane siap menjalinya, meskipun berat "besakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian, lumpuk-lumpuk uang dahulu nikah kemudian" hehehe.

Juni 2013 
Gaji pertama gan.. biasa lah senengnya kayak apa..hehe. tapi sayangnya mbak pacar nggak bisa pulang karena harus kuliah.. tugas negara itu gak bisa diganggu gugat. hehe. Berhubung ane gak suka foya-foya jadi uang aman di kantong.. hehe.

Bulan-bulan berikutnya ane rasa gak terlalu ada yang spesial, hal yang paling spesial lihat sodara ane menikah. Hmmm. lihat mereka menikah, pengen juga nikah muda tapi mikir-mikir dulu ajalah sabar.. ada waktunya semua bakal terealisasikan.. 

Tahun 2013 cukup menyenangkan juga sih, bisa "kelayapan men!!!" setelah 4 tahun dimalang, jarang pulang..sekarang bisa dekat ortu yang saat ini sendirian karena adik udah gak berpulang, dipanggil duluan oleh ALLAH SWT 2 tahun yang lalu.. mhhh. tapi bukan saatnya untuk bersedih kembali...

Tahun 2013 
Sudah mulai habis, Tinggal beberapa jam, beberapa menit dan beberapa detik, dan akan berganti dengan Tahun Baru 2014  dimana pada Tahun 2014 ini harus lebih baik dari tahun kemaren.. minimal ada perubahan dikit. misalkan Nikah gitu.. haha, eciieehhh ngebet yaa*. Ahh. sudahlahh, usaha pasti ada biar Allah SWT yang menentukannya kapan waktu yang tepatnya..

Jam 12.00 Tahun 2014 ini ada momen yang spesial yaitu tepa 1 tahun ane jadian sama calon Istri ane "Isyaallah" gan, semua pasti memiliki harapan.. hehe. yak itu sepenggal celoteh di Tahun 2013 dan Harapan kecil di Tahun 2014, dan semoga semua yang ane harapkan yang kecil maupun yang besar (menikah) bisa berjalan lancar dikemudian hari.


HAPPY NEW YEAR EVERY BODY
....................................special for my sweetheart.................................

Terompet ditiup.
"Treeeeteeeet treeeeteeeeet treeeeteeeet"

Catatan akhir tahun

Diposting oleh chandra setiawan

Senin, 23 Desember 2013

Menikmati Senja | E.PAPER

Indonesia merupakan negeri dimana surga bersemayam di dalam setiap pelosoknya. Hamparan keindahan yang nyaris luput dari pandangan kita seolah mengaburkan keagungan pesona alam yang sangat mungkin memiliki bakat potensi pariwisata terpendam jika mampu dikelola dengan sangat baik.

Kali ini aku gak akan membahas tentang wisata pantai ataupun yang lainnya, melainkan SENJA, Ya.. Senja sebuah guratan/lukisan dilangit yang begitu mempesona untuk di abadikan. Pancaran cahaya berwarna jingga kemerahan dalam gradasi alami tak tertandingi dengan background biru langit sangat jelas kontras tersaji.

Pacitan...
Pacitan yang mendapat sebutan The Hidden Paradise memiliki potensi itu. Potensi wisata dimana penikmat senja bisa menikmatinya, "asalkan nggak hujan atau suasana langit mendung ya gan".. hehe.

SENJA..
Sempat aku berfikir apa yang Tuhan pikirkan ketika menciptakan senja??
ku selalu berpikir. Apakah ada maksud lain dibalik warna senja yang selalu indah itu? Apakah siang dan malam tengah bertengkar untuk berebut tempat. Padahal, hasilnya sudah jelas, tentu malam yang akan menang. Senja selalu mengawali malam bukan? Atau ada hal lain yang terjadi. Mungkin itu alarm bumi, tanda ia tengah bercinta dengan langit. Ah sudahlah, yang terpenting senja selalu datang dengan indah dan menyenangkan. Selain indah, senja juga sepertinya memberi inspirasi bagi sebagian orang. Untuk itu senja bergitu dicari oleh kebanyakan orang, khususnya oleh seniman-seniman hebat dunia.

SENJA di PACITAN..
Tidak akan kalah Indah dengan sajian senja di beberapa daerah dalam negeri maupun dunia.. hehe, "bangga dengan Pacitan gan"...

Beberapa potret senja yang sempat aku abadikan, walapun dengan kamera Handphone tapi gak mengurangi keindahannya dan makna dari senja itu sendiri.. 
...hehehe...

SENJA di PANTAI SOGE

Menikmati Senja


Menikmati Senja

SENJA di PANTAI WATU KARUNG

Menikmati Senja


Menikmati Senja

Menikmati Senja

SENJA di MONUMEN JENDRAL SUDIRMAN


Menikmati Senja

Dari Informasi yang aku peroleh, Masih banyak lagi tempat yang punya potensi untuk menikmati senja di Pacitan, cuma belum ada waktu untuk mengeksplorasinya menjadi sebuah hasil karya.
..hehehe...

Seblumnya kita tutup mari kita berpuisi dulu
SENJA

lihatlah senja di ufuk sana,begitu indah..
dihiasi suasana alam hembuskan angin..
membuat daun nyiur melambai kegirangan..
bersorak gembira dengan gesekan daunnya..



mentaripun enggan untuk melewatinya..
terkesima dengan jingganya senja..
namun ia tak kuasa melawan kehendak..
yang kuasa malanggar garis yang ada..

keinginan hatipun kian sirna di buatnya..
seiring angin berhembus dengan sayunya..
burung burung berbondong untuk pulang..
meninggalkan bayangan tak berjejak..

suasanapun menjadi sunyi sembunyi di balik sepi..
menata satu cerita menjadi kenangan dalam jiwa..
mempersatukan suka dalam duka,suram dan keindahan..
menjadi coretan lama di dalam kehidupan..


bintang pun mulai beranjak dari peristirahatannya..
bertebaran menghiasi malam dalam kekelaman..
mengantar sebuah kenaangan yang di titipkan senja..
ketempat yang hakiki dalam ke'abadian..


Yaa, itulah  SENJA dengan segala makna yang tersirat di dalamnya, sulit untuk di cerna tapi indah untuk dipandang. 
Yaa, itulah SENJA sangat dinanti tapi sulit untuk dicari.

Diposting oleh chandra setiawan

Minggu, 22 Desember 2013

UNTUKMU IBU

IBU..
Dia adalah Malaikat penjaga, Panyayang yang di Utus ALLAH SWT untuk menjaga kita, peduli kita, membimbing kita mulai dari kita dalam kandungannya, 9 bulan lamanya sampai akhir hayatnya.

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia. Dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu dgn sebaik-baiknya. Jika salah seorang diantara kedua atau kedua-dua sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka. Dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yg mulia.”

ALLAH SWT telah memerintah kita untuk bersyukur dan berbuat baik kepada ibu dan bapak dan berwasiat agar kami menyayangi mereka berdua sebagaimana mereka telah mendidik kami sewaktu kecil..

Ya ALLAH sayangilah Ibu, Bapak kami, maafkanlah dosa-dosa Ibu, Bapak kami, berikanlah Ibu, Bapak kami kesehatan dan umur yang panjang.. Ya ALLAH ampunilah mereka dengan ampunan yang menyeluruh yang mampu menghapus dosa-dosa Ibu, Bapak kami.. Ya Allah berbuat baiklah kepada mereka sebanyak kebaikan mereka kepada kami dan pandanglah mereka dengan pandangan kasih sayang sebagaimana mereka dahulu memandang kami.

IBU...
Ampunilah semua kesalahanku kepada ibu, terlalu banyak dosa yang aku perbuat kepadamu Ibu...
IBU..
Janganlah engkau bosan untuk membimbingku ibu.. biarpun aku belum bisa membuatmu bangga kepadaku..
Teruslah tersenyum buatku Ibu.. walaupun aku belum bisa menjadi anak yang berbakti..
Teruslah memelukku ibu.. walaupun aku jarang sekali dekat dengamu...
akan tetapi aku sangat mencintai Ibu, aku sayang Ibu.. aku percaya ibu tahu bahwa aku menyayangimu, aku mencintaimu walapun aku tidak pernah mengungkapkannya..
Ibu aku akan selalu ingat semua pengorbananmu.. aku berjanji bakal berusaha membalas semua pengorbananmu IBU..

Kasih Ibu kepada beta..
Tak Terhingga Sepanjang masa...
Hanya memberi tak harap kembali...
Bagai sang surya menyinari dunia..

IBU..
Aku begitu bersyukur masih bisa melihatmu tersenyum...
Aku begitu bersyukur masih bisa melihatmu ada disisiku...
Bersyukurlah untuk kalian yang masih bisa melihat Ibu kalian, Sayangilah Ibu kalian, hormatilah Ibu kalian sebelum semua terlambat. sayangilah Orang Tua kalian, minta maaflah kepada mereka karena dosa besar tidak lain adalah dosa kepada orang tua kita.. 


..FOR YOU MOM..
...I ALWAYS LOVE YOU MOM..
...YOU ARE MY EVERYTHING..
...YOU ARE MY HERO..
...FOREVER AND EVER...

Diposting oleh chandra setiawan

Senin, 16 Desember 2013

9 Tanda Anda Gila Traveling

Apakah Anda pada suka atau sangat suka dengan traveling? Bisa jadi Anda sudah sangat tergila-gila dengan traveling. Ini dia tanda-tandanya kalau traveling sudah menjadi candu bagi Anda. Yuk, dicek!

Hanya jalan, jalan, dan jalan yang terpikirkan, itu tandanya Anda udah kecanduan dengan traveling. Tak perlu khawatir, ini bukanlah candu untuk hal yang buruk. Berikut 9 tanda yang menunjukkan kalau Agan sudah tergila-gila dengan traveling:

1. Selalu berpikir untuk traveling

Tidak pernah berhenti berpikir tentang perjalanan yang ingin Anda lakukan. Ya, ini adalah salah satu tanda yang paling menunjukkan kalau Anda kecanduan liburan. Bisa-bisa Anda lebih sibuk merancang waktu traveling ketimbang pekerjaan, belajar, atau hal lainnya.

2. Ahli mengemas koper

Di saat yang lainnya susah payah menjejalkan 5 sepatu ke dalam koper besar, Anda hanya perlu ransel berukuran normal untuk memasukan kebutuhan selama 3 minggu perjalanan. Hal seperti ini sangat mencerminkan kalau Anda adalah pecinta traveling. Seorang penggila traveling, bisa saja mengemas kebutuhan untuk dua minggu dalam waktu 5 menit. Wow!

3. Ransel tidak benar-benar dikosongkan

Tidak pernah sepenuhnya mengeluarkan isi ransel setelah jalan-jalan adalah gejala utama menjadi pecandu traveling. Traveler akut sudah pasti tidak pernah menyimpan ranselnya di loteng, lemari, atau gudang.

4. Banyak habiskan waktu di luar rumah

Anda lebih banyak menghabiskan waktu luar dan negara berbeda, daripada di rumah sendiri. Itu berarti 'virus' jalan-jalan sudah menyatu dalam tubuh Anda.

5. Uang untuk jalan-jalan

Seorang penggila traveling, bisa jadi selalu mengalokasikan gajinya untuk perjalanan berikutnya. Bila saja tidak mampu membiayai perjalanan selanjutnya, penggila traveling akan berusaha mencari pekerjaan agar bisa melakukan perjalanan.

6. Bisa tidur di mana saja

Hal lain yang menandakan kalau Anda kecanduan traveling adalah bisa tidur di mana saja. Bagi Anda bukanlah masalah bila mendapatkan waktu tidur di pesawat, kereta api, bus dan lain-lain.

7. Membuat jadwal perjalanan padat

Setiap bulannya, Anda akan selalu membuat jadwal perjalanan yang sangat padat. Ada banyak empat yang siap Anda kunjungi.

8. Jeli dengan hal-hal kecil

Hal-hal kecil yang jarang diperhatikan traveler pada umumnya, justru tidak akan pernah dilupakan oleh penggila traveling. Dia akan selalu mengecek semuanya dengan teliti, seperti perlatan mandi, pembersih sepatu, alat jahit, dan masih banyak lainnya.

9. Perhitungan pas untuk barang bawaan

Perhitungan berat untuk ransel atau koper yang dibawa oleh penggila traveling selalu sesuai peraturan. Jadi, akan dengan mudah bawaan mereka masuk ke dalam pesawat.(share)


sumber : @travel.detik @piknikAlam
Diposting oleh chandra setiawan

Kamis, 12 Desember 2013

PANTAI NGIROBOYO : Ekspedisi Kali Maron


Pantai Ngiroboyo

Sebagai daerah pesisir, Kab. Pacitan banyak memiliki kawasan dengan panorama indah. Hanya saja, tidak semua wilayah pesisir tersebut telah terkelola. Selain karena keterbatasan infrastruktur, potensi wisata tersebut belum banyak dikenal.

Pada kesempatan kali ini bukan Pantainya yang akan ane bahas gan, melainkan sebuah sungai. Eksotika pantai di wilayah Dusun Sambi, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo itu tidak hanya cocok untuk wisata, namun juga olah raga seperti dayung. Pasalnya muara Sungai Ngiroboyo (note: lebih dikenal dengan nama Kali Maron) yang membentang luas memberikan nuansa berbeda bagi penyuka tantangan.


Awalnya kami (Team adventure) penasaran dengan sebuah foto yang pernah di share di sebuah jejaring sosmed, Namanya Pantai Ngiroboyo, dengan hamparan sungai yang kurang lebih panjangnya 2-3 km hingga ke pinggir pantai. Berhubung kita belum tahu mengenai medan yang akan kita lewati, kita pun tanya bertanya kepada beberapa warga sekitar. kita susur jalan makadam, kadang jalan rabatan lengkap deh. Kita pun sempat salah jalur sih sampai di Pantai Klayar tapi dari bukit dekat Seruling Samudra..

Pantai Buyutan
Pantai klayar dari atas bukit..
Kita pun putar balik, dan melanjutkan perjalanan dan akhirnya sampai juga di Pantai Ngiroboyo. Tapi sebenarnya bukan itu tujuan kami. Kebetulan ada warga yang sedang berladang Jahe, kami pun tanya tentang sebuah sungai yang di share kemaren "Kali Maron". Alhasil kita ternyata salah jalan lagi, yang harusnya ambil lurus tapi belok, maklum wisata adventure. hehehe.

Singkat kata. setelah perjalanan yang menantang dari tanjakan, hingga turunan yang sangat-sangat tajam dan panjang, jadi cek dahulu kampas rem sebelum agan sebelum melewati turunan tajam itu. Bagi yang remnya agak kelaparan alias sudah gak terlalu makan ada kok jalan yang lebih mudah, dari pringkuku menuju arah dersono nanti tanya warga sekitar. hehe.

Kita pun sampai di Kali maron yang kita cari, beberapa teman ngobrol dengan warga "apakah ada yang bisa menyewakan kapal untuk menyusuri sungai itu. Tawar menawar alot terjadi dan 'DEAL : 100 ribu rupiah Pulang-Pergi.


Nyeburrr sungai gann....
Berangkat gann.. siapkan kamera mari berfoto ria.. haha.

Pantai Buyutan

Penyusuran di mulai, nahkoda mulai memegang kemudi siap untuk berlayar..

Pantai Buyutan

Senyum bahagia Bapak nahkoda mengantarkan kami berlayar di sungai.. hehe.
Cahaya matahari memancarkan sinarnya menembus disela-sela daun pepohonan yang rimbun di kanan dan kiri sungai.. tenang aliran air dan suara gemericik air ketika kapal membelah ketenangan menambah Indahnya suasana sungai..

Pantai Buyutan


Pantai Buyutan

Pantai Buyutan

Pantai Buyutan

Tebing di pinggiran sungai pun menambah kesan warna yang bervariasi.. 

Pantai Buyutan

Pantai Buyutan

Suasana yang belum pernah sebelumnya kami dapati di antara sungai-sungai yang ada di Pacitan untuk saat ini. Sungai yang masih bersih tanpa pencemaran, dengan air yang bening, suasana yang sejuk tepat untuk bagi yang berpacaran diatas kapal, romantis, dan menegangkan.. 

Yaa.. 
Inilah Kali Maron yang bermuara di Pantai Ngiroboyo
#Recommended#


#ATTENTION#
Bagi yang berkunjung, tolong untuk menjaga kebersihan sungai.
Supaya tetap lestari keindahannya

Special thank's to @Fendi  @Sukma_agpri  @Karina  @Basir  @Thacil  @Ryna  @rizkylaras


Diposting oleh chandra setiawan

Rabu, 11 Desember 2013

PANTAI BUYUTAN : Nge-Trip di Kampung Halaman punAsik


Lanscpae Buyutan

PANTAI BUYUTAN Siapa yang tidak mengenal Pantai ini sekarang ini (note : Dulu masih belum terjamah wisatawan).
Pantai Buyutan terletak di Desa Widoro Kecamatan Donorojo.
Jalur termudah menuju Pantai Buyutan adalah melalui jalur ke Goa Gong.
Dari jalan utama Pacitan – Solo, tepatnya di pertigaan dekat Masjid Besar Punung (jika dari arah Kota Pacitan berarti setelah SPBU Punung).
Dari pertigaan ini jika dari arah Pacitan belok kiri, sampai ketemu pertigaan lagi ambil kanan, ikuti terus jalan aspal jalur Goa Gong.
Setelah sampai kompleks Goa Gong, terus ambil jalan jurusan Kalak (ada papan penunjuk arah).
Sampai di perempatan Balai Desa Kalak, ambil kiri setelah melewati Pasar Kalak ketemu pertigaan, ambil jalan yang kanan arah desa Widoro.
Ikuti terus jalan ini sampai ketemu pertigaan dengan papan petunjuk informasi menuju Pantai Buyutan yg terletak di kiri jalan.
Nah, ikuti jalanan yg menurun ini.
Awalnya jalan aspal kemudian masuk ke jalan rabat.
Jika ada percabangan jalan ikuti terus jalan yang lurus.
Di beberapa titik jalan masih berupa jalan makadam dan mendekati lokasi pantai kembali melewati jalan rabat.

Hamparan sawah di kanan kiri jalan membuat suasanya yang indah dan cukup sejuk.
Berhubung Pantai Buyutan berada di bawah tebing yang tinggi jadi mobil hanya bisa parkir di sepetak tanah yang tidak ditanami.

Buyutan Lanscape

Kemudian kita satu rombongan turun menuruni bukit dengan jalan kaki, melewati semak dan batuan kapur yang cukup terjal, Akan tetapi menurut informasi yang ane himpun, jalan kebawah sudah bisa dilewati dengan mobil (note : kayaknya).

Pantai Buyutan
Masa lalu
Pantai Buyutan
Masih masa lalu
hehehe.
Pantai Buyutan
Masa sekarang..

Walaupun jalanan turun tapi itu semua terbayar dengan penampakan lanscape pantai yang Indah dari atas tebing.


Buyutan lanscape

Lanscape Buyutan

Hamparan pasir putih nan bersih membawa kesan asri yang sangat menawan...
Yaaa.. Inilah Pantai Buyutan dengan panoramannya..
Seperti ketika senja, Pantai Buyutan akan menunjukkan rahasianya yang mungkin akan membuat kita terpesona.. "apa itu? "SUNSET"..
Tapi ketepatan waktu harus tetap diutamakan.. karena sunset yang sempurna itu sulit didapat.. hehe.

Buyutan lanscape.

Dan sekarang Pantai Buyutan menjadi salah satu Pantai andalan Kab. Pacitan, Hal ini semakin memperkuat sebutan Kab. Pacitan sebagai Pacitan The Hidden Paradise.. So.. Mari Beramai berwisata ke PACITAN..


Demikian
Sedikit Hal Mengenai
PANTAI BUYUTAN
KAB. PACITAN

#TRIP BUYUTAN#
THE TEAM ADVENTURE
TRIP PANTAI BUYUTAN

...SELAMAT BERWISATA...
#RECOMMENDED#
Diposting oleh chandra setiawan

Kamis, 05 Desember 2013

PSIKOLOGI : Id, Ego, Super Ego dan Interaksinya.

Menurut teori Psikoanalitik Freud, kepribadian terdiri dari tiga elemen dasar yang banyak dikenal sebagai ID, EGO, SUPER EGO, dan berperan menciptakan perilaku komplek manusia..

*** Id ***

Merupakan bawaan lahir manusia, Id ada sejak manusia itu dilahirkan. Aspek kepribadian sepenuhnya sadar dan termasuk perilaku naluriah dan primitif. menurut Freud, Id adalah sumber dari kekuatan psikis manusia, sehingga menjadi komponen utama kepribadian.

Id didorong oleh kesenangan, yang berusaha untuk mendapatkan kepuasan secepatnya dari semua keinginan dan kebutuhan. Jika kebutuhan ini tidak puas,maka hasilnya adalah kecemasan atau ketegangan...
CONTOH :
Peningkatan rasa lapar atau haus akan menghasilkan upaya secepatnya untuk makan atau minum. jadi sangat penting dalam hidup dari awal, karena memastikan bahwa kebutuhan bayi terpenuhi. Jika bayi lapar atau tidak nyaman, ia akan menangis sampai tuntutan id terpenuhi...

Namun, segera memuaskan kebutuhan tidak selalu realistis. Jika kita memiliki kesenangan, kita akan menginginkan diri kita meraih hal-hal yang kita inginkan dari tangan orang lain untuk memenuhi kepuasan diri. Perilaku seperti ini akan sangat mengganggu dalam hal sosial dengan orang lain. Menurut Freud, id mencoba untuk menyelesaikan ketegangan yang diciptakan oleh prinsip kesenangan melalui proses utama, yang melibatkan pembentukan citra mental dari objek yang diinginkan sebagai cara untuk memuaskan kebutuhan..

*** Ego ***

Ego merupakan elemen kepribadian yang bertanggung jawab menangani suatu hal dengan realitas. 
Ego berkembang dari id dan memastikan bahwa dorongan dari id dapat direalisasikan dengan cara yang dapat diterima di dunia nyata. Fungsi ego baik di pikiran sadar, prasadar, dan tidak sadar...

Ego bekerja dengan cara yang realitas, berusaha memuaskan keinginan Id dengan yang realistis dan sesuai dengan nilai sosial yang berlaku. Prinsip realitas, beratnya biaya dan manfaat dari suatu tindakan sebelum memutuskan untuk bertindak. Dalam banyak kasus, impuls Id itu dapat dipenuhi melalui proses menunda kepuasan sedangkan Ego pada akhirnya akan memungkinkan perilaku, tetapi hanya dalam waktu yang tepat..

Ego juga dapat melepaskan ketegangan yang diciptakan oleh kepuasan yang tidak terpenuhi melalui proses sekunder. Dimana Ego mencoba mendapatkan objek di dunia nyata yang cocok dengan gambaran mental yang diciptakan oleh Id..

*** Super Ego ***

Super Ego adalah elemen terakhir yang mengembangkan Kepribadian. 
Super Ego merupakan bagian jiwa yang terbentuk dari ajaran-ajaran yang diperoleh individu dari kedua orang tuanya, sekolah, dan nilai-nilai budaya tempat ia berkembang. Super ego merupakan kekuatan jiwa yang bersifat internal yang akan mengintrospeksi individu, mengontrol, mengkritik, dan mengancamnya dengan hukuman. Super ego inilah yang biasa dikenal sebagai hati nurani. Super ego merepresentasikan sesuatu yg luhur dalam tabiat manusia.

Untuk lebih memahami konsep tentang Id, Ego dan Super Ego...
Kita contohkan sebagai berikut :
Misalnya kita adalah seorang bendahara dalam sebuah instansi yang diserahi tugas mengelola uang sebesar 1 miliar rupiah tunai. Id mengatakan pada kita: "Pakai saja uang itu sebagian, toh nggak ada yang tahu!". Sedangkan Ego berkata: "Cek dulu, jangan-jangan nanti ada yang tahu!". Sementara Super Ego menegur: "Jangan lakukan!!!"

Kurang lebih seperti itulah interkasi yang dilakukan Id, Ego, dan Super Ego dalam mengembangkan Kepribadian kita..
Diposting oleh chandra setiawan

Rabu, 04 Desember 2013

Psikologi : Mekanisme Pertahanan Ego

Mekanisme Pertahanan Ego adalah cara ego menghilangkan tekanan kecemasan yang berlebih dengan cara ekstrem. Ciri umum orang yang sedang mengalami Mekanisme Pertahanan Ego antara lain :
              1. Menyangkal, memalsukan atau mendistorsikan kenyataan
              2. Bekerja secara tidak sadar sehingga orang tidak tahu apa yang sedang terjadi.
Menurut Buku dan beberapa kali browsing ada beberapa bentuk Mekanisme Pembelaan Ego antara lain :

1. IDENTIFIKASI


ingin menyamai seorang figur yang diidealkan, dimana salah satu ciri atau segi tertentu dari figure itu ditransfer pada dirinya. Dengan demikian ia merasa harga dirinya bertambah tinggi.
Contoh :
Teguh, 15 tahun mengubah model rambutnya menirukan artis idolanya yang ia kagumi.

2. INTROJEKSI
Merupakan bentuk sederhana dari identifikasi, dimana nilai-nilai, norma-norma dari luar diikuti atau ditaati,
sehingga ego tidak lagi terganggu oleh ancaman dari luar.
Contoh :
Rasa benci atau kecewa terhadap kematian orang yang dicintai dialihkan dengan cara menyalahkan diri sendiri.

3. PROJEKSI
Hal ini berlawanan dengan introjeksi, dimana menyalahkan orang lain atas kelalaian dan kesalahan-kesalahan
atau kekurangan diri sendiri, keinginan keinginan, impuls-impuls sendiri.
Contoh :
Seorang wanita muda yang menyangkal bahwa ia mempunyai perasaan seksual terhadap rekan sekerjanya, berbalik menuduh bahwa temannya tersebut mencoba merayunya

4. REPRESI

Penyingkiran unsur psikik (sesuatu afek, pemikiran, motif, konflik) sehingga menjadi nirsadar (dilupakan/tidak dapat diingat lagi). Represi membantu individu mengontrol impuls-impuls berbahaya.
Contoh :
Suatu pengalaman traumatis menjadi terlupakan

5. REGRESI

Kembali ke tingkat perkembangan terdahulu (tingkah laku yang bersifat primitif).
Contoh :
Seorang anak yang mulai berkelakuan seperti bayi, ketika seorang adiknya dilahirkan.
Esvi yang berumur 4 tahun mulai mengompol lagi sejak adiknya yang baru lahir dibawa pulang dari rumah sakit

6. REACTION FORMATION

Bertingkah laku berlebihan yang langsung bertentangan dengan keinginan-keinginan, perasaan yang sebenarnya. Mudah dikenal karena sifatnya ekstrim dan sukar diterima.
Contoh :
Seorang wanita yang tertarik pada teman suaminya, akan memperlakukan orang tersebut dengan kasar.

7. UN DOING

Meniadakan pikiran-pikiran, impuls yang tidak baik, seolah-olah menghapus suatu kesalahan.
Contoh :
Seorang ibu yang menyesal karena telah memukul anaknya akan segera memperlakukannya penuh dengan kasih sayang

Diposting oleh chandra setiawan
Posted by: Chandra Setiawan E.PAPER Updated at : 14.52.00

PANTAI PIDAKAN : Nge-TRIP di Kampung Halaman pun Asik


Pantai Pidakan

Pacitan...
Baru-baru ini siapa yang tidak mengenal Kabupaten Pacitan. Sebuah kota yang terletak di perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dengan Provinsi Jawa Timur. Pacitan merupakan kota kelahiran orang no. 1 di Indonesia saat ini Presiden SBY. 

Pacitan..
Kabupaten Pacitan terkenal akan wisata Pantai dan Goanya yang tidak kalah indah dengan spot-spot wisata seperti Bali dan Lombok, itu sebabnya Kabupaten Pacitan di juluki Pacitan The Hidden Paradise oleh berbagai kalangan (bule maupun lokal). Selain Pantai Klayar yang sudah terkenal akan kecantikannya, ada satu Pantai yang tidak kalah unik dan Indah dari Pantai klayar..

PANTAI PIDAKAN...
Pantai unik ini terletak di Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai yang terkenal akan kerikil dengan berbagai ukuran dan bentuk. Batu-batu kerikil ini hampir seluruhnya menyelimuti Pantai, sehingga mungkin saja Pantai ini adalah satu-satunya Pantai dengan panorama kerikil di Indonesia, dan yang sangat unik yang membedakan dengan pantai lainnya adalah material pantai yang 70% pantainya berisi bebatuan alam (bukan karang) dan sisanya merupakan pasir putih, dibalik keindahannya ada mitos yang beredar diantara warga setempat bahwa setiap wisatawan yang datang dilarang mengambil batu-batu itu untuk dibawa pulang.

PANTAI PIDAKAN...
Pantai ini sangat mudah dijangkau, karena letaknya yang berada kira-kira 500 meter dari Jalan Lintas Selatan (JLS), akses menuju Pantai pun juga sudah layak untuk di lalui mobil maupun motor. Selain panoramanya pantai ini juga cukup teduh karena banyaknya pohon kelapa yang memayungi spot wisata ini. 

Pantai Pidakan menjadi salah satu pantai yang cukup recomended untuk wisata keluarga, dengan keindahan panorama batu alam, ombak pantai selatan yang melambai-lambai dan banyaknya pohon kelapa yang membuat area ini teduh memang tidak salah menjadikan tempat ini menjadi tempat wisata favorit keluarga. Dengan biaya masuk yang sangat murah, karena pengelolaan yang masih tradisional, artinya penduduk setempat saja yang mengelola Pantai ini secara mandiri. (cungkring/tvcx)

Pantai Pidakan



Diposting oleh chandra setiawan

Kamis, 21 November 2013

Ingin Betah di Tempat Kerja?

Bekerja adalah hal yang terkadang sangat membosankan dan kadang malas untuk menjalaninya..
Tapi berhubung bekerja adalah sebuah tuntutan, jadi mau nggak mau yaa harus dijalani..
Gak bekerja mau makan dari mana?? 
       Ngemis.. Kita masih mampu untuk berkarya.
       Malak... Ngerampok. gak banget kayaknya.
Dan agar bekerja itu menyenangkan perlu usaha dari diri sendiri dan dukungan dari lingkungan sosial tempat kita bekerja gan. Ada beberapa cara/tips yang bisa dilakukan.

Tinggal dekat dengan Kantor

Tinggal jauh dari kantor butuh usaha dan niat yang keras untuk berangkat bekerja, terlalu jauh bisa buat badan agan-agan capek dan semangat memudar, itu gunanya kita bertempat tinggal dekat dengan lokasi kantor. Tapi dekat pun kadang lebih malas berangkat.

Tidak Membawa Pulang Kerjaan

Lok yang ini.. jangan dulu deh.. kita seharian kerja dikantor, masih bawa pulang kerjaan juga. Kapan bisa istirahat lok begini caranya? kerjaan kantor itu ya di kantor, lok perlu lembur lah.. rumah ya rumah tempat paling enak untuk istirahat bukan bekerja. 

Akrab

Satu ruang satu keluarga itulah harusnya yang terjadi di dalam kantor/bidang. apa yang terjadi jika dalam satu ruang saling diem, pasti rasanya aneh kan? Marah, emosi itu kan biasa terjadi cuma sesekali aja nggak mungkin tiap hari. dengan begitu kita akan nyaman bekerja, senggak-nggaknya bekerja itu tanpa tekanan dari rekan lain dan saling membantu.


Bekerja itu Ibadah bukan Uang

Apapun kerjaan kita jangan pernah lupa beribadah gan. WAJIB hukumnya gan!. karena jika kita bekerja ikhlas dan semata-mata bukan karena imbalan pasti kerjaan kita nyaman, damai dan yang jelas tanpa beban karena kita gak ngejar imbalan itu penting tiap bulannya ada Gaji "AMAN" Gan.

Mencari Cara Mudah

Kita selama sekolah selalu di ajari kreativitas untuk mempermudah tugas-tugas kita. Sama halnya dengan bekerja. jika ada cara mudah kenapa kita tetap berada di cara sulit, itu kata DOSEN ane dulu gan waktu skripsi.. ketika kita menemukan cara mudah untuk menyelesaikan kerjaan kita akan senantiasa lebih semangat untuk bekerja. 

Diposting oleh chandra setiawan
Posted by: Chandra Setiawan E.PAPER Updated at : 10.18.00

Rabu, 20 November 2013

Hidup kok Serba Salah

Ane pikir-pikir.. hidup di Indonesia ini, kok serba salah ya...??

       Naik Pesawat.. Jatuh..
       Naik Kapal.. Tenggelam...
       Naik Busway.. di Raba-raba..
       Naik Kereta.. Banyak copet..
       Naik Angkot.. Kasus perkosaan dalam angkot lagi meraja lela...
       Jalan kaki yang harusnya aman dan sehaaat.. ehh.. ditabrak orang ugal-ugalan..
       Mau ngesott.. Inget kasus tendangan satpam..
       Diam dirumah.. takut ada tom jerry ehh salah tomcat...

                                        ..Heu heu heu heu..

So.. sebagai warga yang baik, imut dan ngegemesin ane harus gimana?? ngumpet di brankas sambil ngunyak kacang?? Pasti tambah kurus karena di brankas panas gak ada ACnya!!
Kasihan banget, rakyat kita. Alat transportasi masih banyak yang gak memenuhi standart keamanan dan kenyamanan.. Biar suara ngkreeet ngkreeetan penting wussss nyampek.. ingat filosofi "bayar dua ribu kok minta selamat"..

Selain pusing dengan masalah keamanan di angkutan umum, ada lagi soal makanan. dan lagi-lagi membuat bingung..

       Makan ikan ada formalin.
       Makan daging, daging glonggongan..
       Makan ayam, ayam Suntikan, dikira kena flu kali ya, pake disuntik segala..
       .....dan masih banyak lagi lah..

Trus mau makan apaan coba, lok semua-semua dilarang.. 
Daripada beli sayuran yang kena semprot pestisida atau hasil rekayasa genetika, jadi Hulk bisa gak yaa?? mending kita mengubah pola pikir kita nyambi jadi petani.. minimal bisa dikonsumsi sendiri.. lebih bagus lagi lok bisa dijual juga..

Hidup di kota emang repot.. bahan pokok mahal, polusi dimana-mana, bising lagi.. untung aja rumah ane di pedesaan, udara masih cukup sejuk lah masih bisa diterima..
coba lok suasana sejuk itu ada dikota-kota besar, ayik banget pastinya..
Pantesan aja kemaren ada serbuan pasukan ulat bulu dan tom jerry ehh salah lagi tomcat tepatnya.. orang mereka mengambil habitat secara tak terkendali... houtan kota dibabat jadi Mall, pegunungan di gempurr jadi perumahan..Hutan di bakar, pohon ditebangi jadi pabrik dan sebagainya..

Ada lagi nie soal pendidikan.. Orang tua aja kelabakan, apalagi anaknya??
Standart kelulusan yang tinggi bagi ane cukup meruntuhkan mental anak-anak sekolah jaman sekarang...
kita sadar akan kualitas SDM Indonesia.. Harusnya jika pengen kualitas ini meningkat, konsep pendidikan pun juga harus berkualitas.. jadi jangan maksa anak-anak muda ini harus berkualitas dan lulus dengan standart nilai yang tinggi dengan cepat, yahh ibarat makan cepet, selesai cepet, kenyang cepet.. tapi yang diserap sedikit, malah bisa eneg juga.. beda sama makan pelan-pelan, kualitas kenyangnya sama, sari makanan yang diserap banyak... sama halnya dengan ilmu, di dapat dengan pelan-pelan, sabar, Ilmu yag diserap pasti lebih banyak n berkualitas.
Nilai tinggi tanpa kreativitas sama dengan hampa, karena ini jamannya kreativitas..
Jadi. Jika sistem pendidikan ini diganti dengan sistem baru yang lebih spesifik lagi.. seperti halnya perkuliahan.. tidak ada yang namanya menjawab soal.. semua bentuk penjabaran, semua bentuk penyelesaian masalah.. jadi anak-anak lebih bisa kreatif dan lebih bisa paham apa yang dia pelajari daripada menghafal yang mungkin 2-3 hari hilang lagi, ulang lagi.. kapan majunya.??

Ane rasa, ilmu yang diberikan pada saat yang tepat akan lebih mudah dipelajari dan berguna ketimbang ilmu yang dipelajari dengan terburu-buru, tetapi nggak paham maksudnya.. 

Mudah-mudahan pemimpin negeri ini semakin memperhatikan hal-hal yang nyata yang langsung bersinggungan dengan kehidupan rakyat.. ya biar kita jadi lebih sehat mental, spiritual, jiwa dan raga...

Come oonnnnn..!! Bapak-bapak, Ibu-Ibu pemimpin...
...Pemimpin yang cinta rakyatnya, pasti dicintai rakyat...


  
Diposting oleh chandra setiawan

Senin, 18 November 2013

TRIP Pantai Plumbungan : Nge-TRIP di Kampung Halaman pun Asik.

Kalo ngomong soal Jalan-jalan/Kemping/Wisata/Nge-Trip itu gak ada habisnya dan tetap mengasikkan..
Gak perlu jauh, gak perlu keluar uang banyak untuk Nge-trip keluar kota, jika di Kampung Halaman sendiri aja lom banyak yang kita ketahui..So. Nge-Trip di Kampung Halaman pun asik.

TRIP PACITAN, Pantai Plumbungan........

Pantai Plumbungan merupakan pantai di Pacitan yang berupa teluk kecil (masih dalam kawasan teluk pacitan sisi timur) yang tidak berhadapan langsung dengan laut lepas (pantai selatan). Pantai ini memiliki ombak yang kecil dan relatif dangkal dengan hamparan pasir coklat terang sehingga sangat cocok untuk bermain air atau berenang...

Perjalanan kita mulai (versi ekstrim adventure) dari Desa kembang tepatnya di Tambak udang Desa kembang, dimana Sungai Grindulu bertemu dengan Pantai Teleng Ria/Pantai Pancer Selatan.. Kenapa kita lewat sana? karena kita ingin yang ekstrim-ekstrim.. Perjalanan pun dimulai. Ane bersama 4 teman lainnya memarkin motor di bawah sebuah tebing karang.. karena kita ingin jalan kaki naik tebing, dan gak mungkin motor kita bawa.. 

Teleng ria dari bukit

Jepretan dengan background Pantai teleng ria dari atas bukit pun jadi bukti perjalanan kami menuju Pantai Plumbungan. Setelah puas dengan beberapa jepretan, kami pun mulai melangkahkan kaki kembali menuju tujuan, Tanjakan dan semak bukit karang pun kami lalui..

Diposting oleh chandra setiawan
Posted by: Chandra Setiawan E.PAPER Updated at : 05.03.00

Kamis, 14 November 2013

KOPI : Antara Mitos dan Fakta

Berbicara tentang Kopi...
Kopi merupakan sebuah nama minuman yang sangat populer di dunia..
Minuman yang identik dengan Pagi, karena bisa membangkitkan semangat..
Kopi memiliki berbagai macam nama, rasa, aroma, sesuai penyajiannya..
Ada pula nih gan.. jenis kopi yang paling terkenal, Kopi Arabica, Robusta, dan Kopi Luwak..
Dari 3 kopi tersebut kemudian muncul varietas kopi yang bermacam-macam Gan...
Dan seiring kepopulerannya Kopi hubung-hubungkan dengan berbagai mitos..
Sepertii.

KOPI PEMICU STRES
Mitos tersebut dinyatakan SALAH, Malah kopi merupakan stimulan alami yang membuat tubuh berenergi, mitos ini muncul karena kopi memproduksi adenosine yang mereduksi stress..

KOPI SEBABKAN INSOMNIA
stimulan energi yang dipicu Kafein dianggap sebagai pemicu insomsia, padahal menurut penelitian kafein diproduksi dalam hati kemudian dibuang dalam waktu 5 jam...
jadi.. mengkonsumsi kopi 2-3 gelas sehari tidak akan menyebabkan Insomnia...

KANKER TERJADI KARENA KOPI
Dengan banyaknya kabar yang beredar di masyarakat bahwa kanker dapat terjadi karena kopi..
Sehingga muncul banyak penelitian tentang hal ini..
Untuk mencari korelasi antara kopi dan kanker..dan hasilnya TIDAK ADA KORELASINYA..
Malah dari beberapa penelitian menemukan dengan meminum kopi secara teratur justru punya resiko rendah terkena kanker..
Jadi jangan takut deh.. dan ingat dosisnya juga..

KOPI NGGAK PUNYA MANFAAT KESEHATAN
Padahal kopi banyak mengandung anti oksidan yang meningkatkan kesehatan jantung..
Mampu memperlambat penuaan..
Konsumsi kopi secara reguler membantu meningkatkan level konsentrasi dan kerja otak lebih efisien..

KAFEIN ITU ADIKTIF
Menurut penelitian kafein itu bukan adiktif, jadi konsumsi 2-3 gelas tidak akan membuat kecanduan seperti dampak konsumsi alkohol dan narkoba...
Jauh lebih sehat juga...

KOPI SEBABKAN KEGUGURAN
Tidak ada korelasi antara kopi dan keguguran...
Selain itu, minum kopi setiap hari juga nggak menyebabkan jumlah sel telur berkurang... (penelitian).

KOPI BISA PICU OSTEOPOROSIS
Mitos ini jelas SALAH...
Osteoporosis disebabkan kurangnya Kalsium dan Vitamin D... dari SD sampe SMA ya itu sebabnya..
Sebab lain kurang Olahraga, Rokok, Rendahnya kadar Estrogen...

Diposting oleh chandra setiawan

Rabu, 13 November 2013

Rakitan Kata

Menulis itu karya seni..
Apapun bisa kita tulis..
Novel, Cerpen, Berita bahkan sampai...... CURHAT pun bisa dituangkan dalam tulisan..

Pikiran-pikiran aneh juga bisa di tuangkan dalam sebuah kalimat..
Dari satu kalimat akan berkembang jadi dua kalimat jadi tiga kalimat.... hingga membentuk satu cerita utuh...
Ane itu dulu pengen jadi Olahragawan...
Trus apa hubungannya dengan menulis?? jujur gan ane pun juga gak tahu sama sekali hubungannya apa? hehe................
Tapi menurut ane, yang sukanya menghubung-hubungkan ini dan menghubungkan antara olahraga dan menulis itu adalah sama-sama butuh konsentrasi yang jelas, meningkatkan ketenangan kenapa tanpa ketenangan hati dan pikiran dipastikan tidak akan bisa berkembang.. heheheehe.. just simple..

Ini ceritanya ane pengen belajar ketik-ketik di blog gan, walapun gratisan, tanpa domain berbayar tapi berkesannn.. khususnya buat ane sendiri...
Waduh sampai kelupaan. ane lom memperkenalkan diri gan.. Biasanya temen-temen ane manggil ane cungkring lah, tripleX lah, dll banyak dah pokoknya.. yang populer ya dua itu... Ane emang terlahir gemuk, kemudian beranjak dewasa beranjak kurus juga.. dulu ngegemesin sekarang tetep ngegemesin walapun maksa banget kayaknya 

Mpe' Gitu aja deh Intermezzo absurd kali ini..  yang gak jelas alurnya, Isinya dll.. tapi tetep semangat corat-coret, semangat ketik-ketik dan semangat baca membaca...
Diposting oleh chandra setiawan