Senin, 12 Januari 2015

CIRI-CIRI DAN FUNGSI KEPEMIMPINAN DALAM ORGANISASI DAN INDUSTRI

Berikut adalah ciri-ciri seorang pemimpin dalam Organisasi dan Industri :

Pemimpin
web.image.com
  1.      Mempunyai kemampuan dalam mengelola perubahan.
Sangat penting bagi seorang pemimpin karena untuk kedepan seorang pemimpin akan selalu dihadapkan oleh perubahan-perubahan dalam orgnisasi dan industri.
  2.      Mempunyai kemampuan analitis
Kemampuan menilai tingkat pengalaman dan motivasi bawahan dalam melaksanakan tugas.
  3.      Mempunyai kemampuan untuk fleksibel
Kemampuan menerapkan gaya kepemimpinan yang paling tepat bardasarkan analisa terhadap situasi.
  4.      mempunyai kemampuan berkomunikasi
kemampuan untuk menjelaskan kepada bawahan tentang perubahan gaya kepemimpinan yang akan diterapkan.
  5.      Selalu berada di tengah.
Dengan berada di tengah, berarti Anda tidak mendominasi karyawan Anda. Artinya, Anda memberi ruang longgar pada karyawan untuk berinteraksi dengan Anda. Anda bukan orang yang sulit dijangkau sehingga para karyawan dapat mengutarakan pendapat apapun dengan nyaman. Dan, Anda tidak berada di bawah agar karyawan tetap menganggap Anda sebagai figur yang patut dihormati.
Pemimpin:


  6.      Tunjukkan bahwa Anda berkompeten menjadi pemimpin
Anda tahu bidang yang Anda geluti. Tunjukkan kemampuan Anda agar karyawan dengan sendirinya merasa hormat pada Anda. Dalam hati mereka pasti ada ketertarikan dengan prestasi dan pengetahuan Anda.
  7.      Jadi role model yang baik
Lakukan apa yang Anda ucapkan! Jika Anda mengeluarkan perintah karyawan dilarang keras datang terlambat, maka Anda harus mengikuti peraturan tersebut. Jadilah bos yang rajin, maka karyawan Anda pun tidak akan malas berangkat ke kantor. Mereka malu terlambat ke kantor karena Anda sebagai pimpinan saja tidak terlambat, kok mereka yang karyawan malah terlambat.
  8.      Kenali kondisi perusahaan Anda
Bagi manajer baru, adakan pertemuan dengan para staf dan diskusikan kondisi perusahaan. Tetapkan tujuan Anda dan tujuan perusahaan. Ajak semua karyawan ikut menetapkan tujuan ini. Jadi, semua orang merasa memiliki perusahaan. Semua karyawan ikut andil dalam memajukan perusahaan. Dengan demikian semua orang merasa terikat dan memberikan dukungan penuh atas kesuksesan perusahaan.
Judul Spoiler:


Beberapa fungsi kepemimpinan dalam organisasi dan industri sebagai berikut:

  1.      Pemimpin sebagai pengambilan keputusan.
 Disini pemimpin diibaratkan sebagai kepala yang berwenang memutuskan planing dari suatu rapat    anggota organisasi.
  2.      Pemimpin sebagai pengembang imajinasi.
Pemimpin yang baik tidak akan berdiam diri memperhatikan karyawan bekerja tetapi pemimpin yang baik jaga harus bisa mengelurkan imajinaasinya sebagai langkah awal munculnya imajinasi dan keterampilan karyawan.
  3.      Pendelegasian wewenang kepada bawahan.
Pemimpin yang baik berusaha memberikan wewenangnya kepada karyawan demi kemajuan skill dari karyawan tersebut dan sebagai bawahan tidak diharuskan untuk menolak kaarena itu demi kemajuan organisasi.
  4.      Pelaksanaan control dan perbaikan kesalahan-kesalahan.
Pemimpin yang baik harus mampu bersikap rendah hati tidak diktator atau bersifat memaksa, seorang pemimpin harus bisa menerima kesalahan karyawan dan berusaha memperbaiki kasalahan tersebut.
  5.      Pemimpin sebagai mediator
Seorang pemimpin yang baik memiliki fungsi sebagai seorang mediator untuk mengatasi berbagai macam konflik yang terjadi baik di dalam maupun di luar organisasinya.
  6.      Pemimpin sebagai komunikator yang efektif.
Menjalin hubungan di luar maupun di dalam dilakukan dengan proses kmunukasi. Berbagai keputusan harus disampaikan melalui jalur komunikasi yang terdapat dalam organisasi. 

Judul Spoiler:


Bagaimana???
Apakah anda sudah termasuk dengan ciri-ciri diatas..

SELAMAT BERKARYA dan BERKARIER

Terima kasih telah membaca Artikel CIRI-CIRI DAN FUNGSI KEPEMIMPINAN DALAM ORGANISASI DAN INDUSTRI . Jika Anda ingin Copy Paste Artikel ini, Harap cantumkan Link CIRI-CIRI DAN FUNGSI KEPEMIMPINAN DALAM ORGANISASI DAN INDUSTRI sebagai sumbernya.
Diposting oleh chandra setiawan

Tidak ada komentar :

Posting Komentar